Koil Pengapian (Ignition Coil)

Sunday, April 15, 2018

Salah satu komponen yang penting pada sistem pengapian adalah koil pengapian(Ignition coil). Ignition coil digunakan pada sistem pengapian konvensional yang masih menggunakan distributor, tetapi pada sistem pengapian saat ini sudah tidak menggunakan lagi distributor melainkan Ignition coil langsung dipasang pada masing-masing silinder yaitu sistem pengapian langsung atau direct ignition system (DIS).

Di artikel ini saya akan membahas koil pengapian (Ignition coil) pada sistem pengapian konvensional.


Koil Pengapian (Ignition Coil)
Berfungsi untuk menaikkan tegangan dari baterry sebesar 12 Volt menjadi tegangan tinggi sebesar 10.000-20.000 Volt.
Kumparan primer dan sekunder digulung pada inti besi Ignition coil. Kumparan-kumparan ini akan menaikan tegangan yang diterima dari baterai menjadi tegangan tinggi melalui cara induksi elektromagnetik/induksi magnet listrik.

Komponen-komponen Koil Pengapian (Ignition Coil)



Inti besi (core) yang dikelilingi kumparan terbuat dari baja silikon tipis yang digulung ketat.
Kumparan primer terbuat dari kawat tembaga tipis (0,05-0,1 mm) yang digulungi 150 sampai 300 kali lilitan mengelilingi kumparan sekunder.
Kumparan sekunder terbuat dari kawat tembaga tipis (0,05-0,1 mm) yang digulung 15.000 sampai 30.000 kali lilitan pada inti besi.
Pada lapisan kumparan primer dan sekunder yang berdekatan, dilapisi dengan lapisan/disekat dengan kertas yang mempunyai tahanan sekat yang tinggi untuk mencegah terjadinya hubungan singkat (short circuit). Di dalam tabung, kumparan diisi dengan oli/campuran penyekat untuk dapat menambah daya tahan terhadap panas dan sekaligus untuk pendinginan.
Salah satu ujung dari kumparan primer dihubungkan dengan terminal negatif primer, sedangkan ujung yang lainnya dihubungkan dengan terminal positif primer.
Kumparan sekunder, salah satu ujungnya dihubungkan dengan kumparan primer pada terminal positif primer, sedangkan ujung yang lainnya dihubungkan dengan terminal tegangan tinggi melalui sebuah pegas. Kedua kumparan ini digulungi dengan arah yang salah dengan kumparan primer berada pada bagian luar.
Rumah logam yang meliputi lembar pelapis logam untuk dapat mengurangi kebocoran Medan magnet.


Terimakasih atas kunjungan anda, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Share

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2015. Blog Otomotif