Pekerjaan Dasar Teknologi Otomotif

Wednesday, June 13, 2018

KOMPETENSI DASAR
Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan

Ada dua jenis alat bantu kerja di dalam bengkel otomotif, yaitu :

1. Hand Tools (Alat Tangan)
Hand tools adalah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga tangan manusia.

1 Power Tools (Alat Tenaga)
Power tool adalah suatu alat perkakas yang penggunaannya selalu menggunakan sebuah tenaga motor listrik, mesin bensin atau unit penggerak lainnya.

ALAT TANGAN / HAND TOOLS

1. KUNCI PAS (Open end wrench)
Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi yaitu logam paduan Chrome vanadium, kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudut 150 terhadap tangkainya.

FUNGSI KUNCI PAS
Kunci pas dibuat untuk mengencangkan dan melepas mur dan baut yang tidak terlalu kuat momen pengembangannya atau kepala mur dan baut yang telah dilonggarkan dengan kunci ring. Kunci pas juga dapat digunakan untuk membuka mur/kepala baut dengan posisi pemasangan yang terhalang oleh bentuk konstruksi.

MACAM-MACAM KUNCI PAS


  • Kunci Pas Tunggal

Kunci pas yang mempunyai diameter dalam pada satu sisi saja.


  • Kunci Pas Ganda

Kunci pas yang mempunyai diameter dalam berbeda pada masing-masing sisi.


  • Kunci Pas Kembar

Kedua diameter dalam kunci pas tersebut adalah sama besar.

Contoh penggunaan Kunci Pas

Sudut kepala baut rusak



  • Kunci Pas Crowfoot

Kunci pas crowfoot digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan mur atau baut yang tidak dapat dicapai oleh kunci pas biasa.
Kunci sumbat pembuangan digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan sumbat pembuangan yang terdapat pada engine, transmisi dan penggerak roda.

2. KUNCI RING (BOX WRENCH)
Kunci ring digunakan untuk melepaskan mur dan baut bila memungkinkan. Batang (shank) yang menyudutkan memungkinkan anda menggunakan kunci untuk melepas dan mengencangkan bila ruang/celahnya ada.

MACAM-MACAM KUNCI RING


  • Kunci Ring Standar



  • Kunci Ring Dwarf

Kunci ring Dwarf digunakan pada ruang yang lebih sempit di mana kunci ring standar terlalu panjang atau terlalu tebal sewaktu digunakan pada baut atau mur.


  • Kunci Ring Lengkung

Kunci Ring Lengkung digunakan untuk mencapai komponen yang baut atau mur nya akan dikencangkan atau dikendurkan, misalnya digunakan untuk mengencangkan baut motor starter.

3. KUNCI KOMBINASI (Combination Wrench)
Kunci kombinasi merupakan gabungan dari kunci pas dengan kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang sama.

Jenis ini dikenal dengan kunci pas " kombinasi ". Ukurannya dicap atau dicap timbul pada tangkainya berkisar antara 6 mm sampai dengan 32 mm.

4. KUNCI SOKET (Socket Wrench)
Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibuat dari baja tensil tinggi atau sejenis logam paduan yaitu Chrome vanadium dan untuk memperbaiki penampilannya dilapisi dengan nikel.

Satu ujung soket mempunyai dudukan segi empat dan ujung lainnya mempuni dimensi hexagonal (seperti kunci ring) untuk digunakan pada mur atau baut.

KARAKTER KUNCI SOK

Kunci sok adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari kendaraan bermotor.

Kunci ini akan pas pada baut hampir pada seluruh tempat pada kendaraan.

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN KUNCI SOK

1. Kelemahan kunci pas dan kunci ring adalah sulit menjangkau baut dan mur yang berada pada posisi tersembunyi.
Dengan kunci sok yang dilengkapi dengan Batak penyambung (extension), masalah ini dapat terpecahkan.

2. Dibandingkan dengan kunci pas dan kunci ring, kunci soket ini lebih besar memberikan gaya torsi atau momen puntir ya terhadap pengencangan atau pelepasan baut dan mur, hal ini dikarenakan soket selalu dilengkapi dengan batamg pemutar dan racthet.

KELENGKAPAN KUNCI SOKET


  • Batang Ratchet 
  • Universal dan batang luncur Tee
  • Batang Sambung
  • Tangkai Bengkok
  • Tangkai Engkol


Kunci Tegangan (Tensil Wrench)
Kunci tegangan dikenal juga sebagai kunci momen.
Momen puntir berada pada kisaran 1 sampai 2125 Newton meter (Mm) dan diatur dengan dudukan segi empat. Dudukannya dapat berkisar dari 7 sampai 25mm. Misalnya, untuk dudukan penggerak 7mm, rentang puntir ya antar 1 sampai 25 Nm.
Kunci Momen digunakan untuk mengencangkan mur atau baut sesuai dengan momen puntir yang ditetapkan.

Menyetel Kunci Tegangan
Menyetel kunci momen sesuai kekuatan yang ditetapkan.

Mengendorkan mur penyetel
Menggeser haji penyetel sepanjang skala sampai indikator segaris dengan nilai pengencangan yang diinginkan.
Mengencangkan mur pengunci


  • KUNCI BUSI

Kunci busi digunakan untuk melepas dan memasang busi yang umumnya dipasang pada posisi sulit dijangkau oleh kunci pas ataupun kunci ring.

Disamping itu kunci busi dirancang khusus untuk tidak mendapat perlakuan momen pengencangan yang terlalu kuat, dengan cara mendesain tangkai yang pendek.


  • KUNCI RODA

Kunci roda harus digunakan untuk melepaskan mur roda saat melepaskan atau memasang roda. Kunci roda mempunyai soket-soket yang terpasang pada ujung-ujung lengan yang cocok untuk hampir semua kendaraan.

5. KUNCI YANG DAPAT DISTEL (ADJUSTING WRENCH)
Kunci Inggris (Adjustable Wrench) cocok digunakan bila anda tidak mempunyai kunci pas yang sesuai untuk mur atau baut yang mungkin sudah aus atau berukuran terlalu kecil. Anda jangan menggunakan alat ini sebagai pengganti kunci pas konvensional bila kunci pas tersebut memang tersedia.

Spesifikasi Ukuran Kunci Inggris


  • Rahang terapinya dibentuk 5 derajat terhadap gagang.
  • Gigi lurus sebagai tempat rahang bebas di dalam gagang.
  • Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi-gigi pada rack (gigi lurus).
  • Panjang kunci ini dapat mulai dari 100 mm sampai 450 mm


PENGGUNAAN KUNCI INGGRIS

A. Mengatur Kunci Inggris
Aturlah kunci Inggris agar pas dengan mur atau bautnya. Kunci ini dipasang dengan menggerakkan mur yang dapat distro sehingga rahang-rahangnya mencengkeram dengan kuat.

B. Menggunakan Kunci Inggris
Pasanglah kunci pada mur sedemikian rupa sehingga daya tarik sepenuhnya berada pada rahang-rahangnya yang terkunci. Tariklah kunci pas ke arah anda untuk melepas mur


6. OBENG (Screen Driver)
Obeng ada dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggerak yang berbeda. Panjang, pendek, sangat pendek (buntung).
Obeng terdiri dari batang yang terbuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada ujungnya dan gagang terbuat dari plastik, dicetak pada batangnya.

MACAM-MACAM OBENG
Obeng standar digunakan untuk melepas atau mengganti pengikat (fastener) seperti sekrup pengetap sendiri dan baut-baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan, badge, listrik pintu dan lain-lain.

Obeng pendek (stubby) yang lebih kecil mempunyai batang pendek dan digunakan pada area dimana tidak diperlukan gaya penuasan.

Obeng Plus mempunyai mata berbentuk bintang, digunakan untuk melepas sekrup kepala plus. Obeng jenis ini memungkinkan gaya puntir yang besar dan kecil kemungkinan terjadi slip pada kepala sekrup.

Penggunaan Obeng

Obeng harus benar-benar sejajar dengan sumbu sekrup untuk mencegah kerusakan kepala sekrup. Ruang di atas sekrup akan menentukan panjang tangkai maksimum obeng.
Bila ruang tidak terbatas, sebaiknya gunakan obeng yang paling panjang. Apabila ruang terbatas, mungkin harus menggunakan obeng berbentuk siku.

Obeng Impact (Obeng Ketrok)
Obeng impact digunakan untuk melepaskan sekrup yang terpasang sangat kencang.

Catatan :
Obeng impact dapat dipakai untuk mengencangkan sekrup.
Palu dan obeng ketok digunakan untuk mengendorkan sekrup yang sangat kencang.

Cara menggunakan obeng ketok
Cara menggunakan obeng ketok adalah dengan memastikan mata obeng terpasang kuat pada baut/mur kemudian memasang hub dan pemegang, serta memukul pemegang obeng dengan mendadak sehingga mata obeng akan berputar untuk mengencangkan atau mengendorkan baut.

7. TANG
Tang Kombinasi
Tang ini merupakan tang yang sering kita jumpai dan banyak sekali kegunaannya. Antara lain dapat digunakan untuk menjepit, memuntir, mengupas dan memotong kabel. Ukurannya biasanya 6-7 inchi.

Tang Curut (tang lancip)
Tang curut ini bentuknya sesuai dengan tikus curut, yaitu jenis tikus yang moncongnya panjang dan lancip. Tang ini juga berfungsi untuk menjepit dan memudahkan untuk menjangkau sela-sela sempit pada kendaraan.

Tang Multigrip (tang betet)
Tang ini mirip dengan paruh burung, tang burung ini mempunyai daya cengkram yang kuat. Karena pengungkitnya lebih panjang dan kepala langsung ke obyek. Untuk ukuran tersedia dalam ukuran 8 inchi, 10 inchi dan 12 inchi.

Bagian-bagian Tang Multigrip (tang betet)

Tang Snap Ring (Circlip)
Tang ini dikenal juga dengan nama tang api, yaitu berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 model yang dibedakan berdasarkan ujungnya yaitu lurus dan bengkok.

Rahang bundar, bergerigi tajam dan berbentuk tirus agar pas pada lubang kecil di dalam circlip. Jenis eksternal dan internal konstruksi pada titik tumpu gagangnya berbeda. Rahang dari jenis external bergerak ke luar pada saat gagangnya ditekan bersamaan.

JENIS TANG SNAP RING (CIRCLIP)
Jenis tang snap ring internal (circlip)
Circlip jenis internal, untuk melepas atau memasangnya kedua kaki snap-ringnya bergerak ke arah dalam.

Menggunakan tang snap ring internal (circlip)

Jenis tang snap ring Eksternal (circlip)
Jemis circlip eksternal mengembang ke arah luar dengan sepasang snap-ringnya eksternal untuk memasang atau melepas circlip.

Menggunakan tang snap ring Eksternal (circlip)

Tang potong
Tang ini mempunyai mata pisau di sisi dalamnya. Tang ini berfungsi untuk memotong kabel dan kawat.

Jenis Slip Joint
Tang standar bawaan mobil dan motor. Dimana biasanya menjadi bonus disaat mobil/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan yang kombinasi, tetapi lebih sederhana dari tang kombinasi.

Satu gagangnya mempunyai slot kecil dan gagang lainnya dikencangkan dengan pena tumpu. Rahang dapat diatur pada salah satu dari dua posisi.

Tang Multigrip
Sebuah gagangnya memiliki slot yang diperpanjang tamil dan gagang lainnya dikencangkan dengan pena tumpu khusus.
Pena tumpu khusus memungkinkan lebar bukaan rahang dapat distro pada salah satu dari lima posisi.
Cocok untuk mencengkeram permukaan-permukaan yang lengkung dan bulat atau mencengkeram komponen-komponen kecil.

Tang Pegas Rem
Tang pegas rem digunakan untuk melepaskan dan memasang sepatu rem yang ada pada tromol rem.

Tang Rivet
Terdapat dua tipe yaitu biasa dan fleksibel, kedua fungsinya sama yaitu untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel dapat digunakan untuk bidang lurus maupun sudut.

Tang Pengupas Kabel

8. Kunci Allen (Kunci L)
Kunci Allen adalah sebuah kunci yang terbuat dari baja berdaya tekan tinggi berbentuk segi enam (enam sisi) dan dibengkokkan 90 derajat membentuk batang berbentuk L.
Umumnya kunci Allen satu set dengan ukuran mulai dari 1 mm sampai 9 mm. Ukuran kunci Allen diukur sepanjang segi enamnya.

Kunci-kunci Allen digunakan untuk melepaskan dan memasang tutup-tutup Allen atau sekrup set.

Menggunakan Kunci Allen

Sekrup set mempunyai kepala segi enam dan memerlukan kunci Allen untuk melepas ataupun memasangnya.
Tempatnya sekrup set pada posisi yang baik dan ukur jarak sisi sejajar segi enam dan pilih kunci elen yang pas yang tertera pada batang kunci.
Untuk sekrup yang lokasinya jauh di dalam lubang, perkirakan ukuran kunci elen dan coba susuannya (kesesuaian ukurannya).

Coba terus beberapa kunci elen sampai diperoleh kunci yang tepat.

9. PISTOL UDARA (Air Gun)
Pistol udara digunakan untuk pekerjaan pembersihan dimana udara bertekanan diperlukan untuk meniup permukaan untuk membuang debu, air dan sisa-sisa pengampelasan.

Pistol udara mempunyai gagang plastik dengan lubang penyemprot logam. Tuas pada gagang mengendalikan tekanan udara. Tidak ada suara yang mengalir sebelum tuas pemicu ditekan.
Share

2 comments:

  1. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Blog Otomotif