Jenis-jenis Bola Lampu Kepala (Headlamp)

Sunday, April 1, 2018

Jenis jual aksesoris variasi lampu depan utama bohlam LED halogen Philips tl HID mobil motor 

Lampu Besar/Kepala
Lampu besar atau kepala merupakan sebuah sistem lampu penerangan yang berada pada bagian depan kendaraan yang berfungsi untuk menerangkan jalan bagi pengemudi agar lebih jelas melihat jalanan. Sistem lampu besar/kepala pada umumnya dilengkapi dengan dua lampu, yakni lampu jauh (high beam) dan lampu dekat (low beam).
Pada lampu jauh (high beam) memiliki jangkauan cahaya penerangan yang jauh dan lampu dekat (low beam) memiliki jangkauan cahaya penerangan yang dekat.

Tipe Lampu Kepala

Ada 2 tipe lampu kepala yang digunakan pada sebuah kendaraan. Adapun tipe-tipe lampu kepala adalah berikut ini:


1. Tipe Seald Beam
Di dalam lampu besar tipe seald beam, penggunaan bola lampu tidak terpisah, keseluruhannya terpasang menjadi satu seperti bola lampu, filament dipasang di depan kaca pemantul untuk menerangi kaca lensa. Apabila bola lampu putus atau terbakar, maka harus mengganti secara keseluruhan.



2. Tipe Semi Seald Beam
Perbedaan antara semi seald beam dan Sealer beam ialah pada konstruksinya, dimana pada tipe seald beam bola lampunya dapat diganti dengan mudah, sehingga tidak diperlukan penggantian secara keseluruhan bila bola lampunya putus atau terbakar. Dan lebih cepat melakukan penggantiannya.


Bola lampu kepala semi Sealer beam tersedia dalam 2 tipe bola lampu biasa dan bola lampu quartz-halogen.
Bola lampu quartz-halogen lebih panas dibandingkan dengan bola lampu biasa saat digunakan.


Lampu Bervariasi
Tipe bola lampu bervariasi yang digunakan pada sebuah kendaraan yang dapat di klasifikasikan ke dalam base capnya.

1. Model Single End
Tipe bola lampu ini hanya mempunyai satu base cap yang juga sebagai penghubung ke massa. Bola lampu single end selanjutnya diklasifikasikan ke dalam dua jenis sesuai dengan jumlah dari filament. Single filament pada bola lampu model single end dan Double filament pada bola lampu single end.


Bola lampu dipasang pada soket dengan menempelkan pin pada base cap.

Mengganti Bola Lampu
Tekan bola lampu ke depan soket untuk melepaskan pin base cap tidak mengunci pada takikkan soket, putar bola lampu tersebut dan tarik keluar untuk melepaskan. Memasangnya dengan cara kebalikan dari urutan melepasnya.
Pin pada bola lampu Double filament end letaknya tidak segaris (offset) dalam pengaturan tingginya. Hal ini untuk mencegah kesalahan posisi pemasangan lampu.

2. Widget Base (soket gepeng)
Tipe bola lampu ini mempunyai satu filament yang berhubungan langsung dengan soket terminal.


Mengganti Bola Lampu
Tarik bola lampu keluar dengan menggunakan jari tangan anda. Untuk memasang baru dengan didorong.


3. Ujung Ganda
Tipe bola lampu ini mempunyai satu filament dan dua base cap seperti pada gambar.

Mengganti Bola Lampu
Tekan salah satu dari terminal soket dan untuk membukanya tarik keluar bola lampu tersebut. Untuk memasang bola lampu yang baru, tempatkan salah satu ujungnya ke dalam lubang.



3. Lampu Headlamp Tipe Halogen

Lampu Halogen merupakan lampu pijar yang menggunakan kaca kuarsa tipis dan tahan panas, serta menggunakan gas halogen yang dapat bersinar lebih terang dari lampu pijar biasa.Lampu Halogen ini memiliki kemampuan daya tahan yang cukup lama, oleh karena itu lampu jenis halogen banyak digunakan pada kendaraan.

Lampu jenis halogen ini digunakan pada kendaraan, seperti headlamp dan foglamp. Umumnya lampu jenis ini memiliki tipe dan kode yang fungsinya berbeda-beda terhadap penggunaan lampu pada kendaraan. Adapun tipe-tipe jenis lampu halogen adalah sebagai berikut :


Tipe H1, H3, H8 dan H11
Lampu halogen tipe H1, H3, H8, dan H11 ini umumnya digunakan untuk lampu kabut (fog lamp).
Tipe H1


Tipe H3

Tipe H8


Tipe H11



Tipe H4, H7, HB3 dan HB4
Lampu Halogen Tipe H4, H7, HB3 dan HB4 ini digunakan untuk lampu utama (head lamp) kendaraan mobil,  lampu halogen tipe-tipe ini memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai lampu sorot (low beam) dan sebagai lampu tembak/dim (high beam).
Tipe H4

Tipe H7
HB3


HB4





4. Lampu Headlamp Tipe High Intensitas Discharge (HID)
Lampu Hight Intensity Discharge merupakan lampu yang terbuat dari campuran logam dan gas mulia sehingga dapat menghasilkan sinar yang putih terang.


Lampu HID memiliki tabung yang dibuat dibuat dengan kuarsa yang diisi dengan campuran gas mulia, yaitu neon, Xenon, Argon, atau krypton. Gas mulia ini akan meningkatkan output hasil dari pelepasan listrik dari elektroda tungten.

Lampu HID memiliki kemampuan yang cukup tahan lama terhadap penggunaan pada kendaraan.

5. Lampu Headlamp Tipe Light Emitting Diodes (LED)

Lampu Light Emitting Diodes (LED)  saat ini banyak digunakan pada kendaraan untuk lampu kepala (head lamp). Lampu jenis ini memiliki kemampuan daya yang cukup tahan lama.






Share

1 comment:

  1. ya saya mengeerti pak penjelasan " yg di atas terima kasih pak

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015. Blog Otomotif